Advertisement Section
Header AD Image

Teens Go Green Indonesia Ajak Kaum Muda Belajar dan Beraksi Atasi Krisis Iklim dalam Youth Climate Action Camp 2022

Matras News, Jakarta – Puluhan Kaum Muda berusia 17-24 tahun yang berasal dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara mengikuti kegiatan Youth Climate Action Camp (YCAC) 2022 yang diselenggarakan oleh Teens Go Green Indonesia di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada 18-21 Agustus 2022.

Kegiatan YCAC ini diadakan dengan tujuan untuk mengedukasi generasi muda terkait permasalahan krisis iklim, utamanya yang berdampak pada wilayah ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil. Sebagai negara kepulauan, Indoesia menjadi negara yang rentan terhadap dampak krisis iklim. Kegiatan YCAC dilakukan melalui rangkaian aktivitas yang telah dimulai sejak Mei 2022 melalui pembukaan pendaftaran yang diikuti oleh 507 peserta, aktivitas kampanye lingkungan melalui media sosial, climate training melalui zoom meeting, IG Live series dan acara puncaknya melalui Camp dimana peserta terpilih diajak untuk belajar dan beraksi langsung mengatasi permasalahan krisis iklim di Kepulauan Seribu.

Saat Camp belangsung peserta melakukan serangkaian aktivitas di dalam dan luar ruangan meliputi konservasi yang difasilitasi oleh Smiling Coral dan Taman Nasional Kepulauan Seribu untuk belajar dan menanam mangrove, transplantasi terumbu karang, konservasi penyu hingga kunjungan ke rumah daur ulang Literasi Hijau. Dalam aktivitas di dalam ruangan peserta ditantang untuk membuat prototype melalui aktivitas design thinking menyelesaikan masalah lingkungan yang ditemui di Pulau Pramuka.

Pada rangkaian seleksi, peserta mendapatkan Climate Training untuk belajar tentang perubahan iklim, ekosistem pesisir dan laut hingga tantangan dan permasalahan di Kepulauan Seribu yang diisi oleh Learning Partner dari The Climate Reality Project Indonesia, Yayasan Terumbu Karang Indonesia, Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Divers Clean Action.

Kegiatan YCAC disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dalam sambutannya di acara pembukaan yang diwakili oleh Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Bapak Yulihardi didampingi oleh Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena acara ini mendukung ketahanan iklim. “Kegiatan ini sejalan dengan mandat Gubernur DKI Jakarta yaitu Jakarta sebagai Kota Berketahanan Iklim sesuai Pergub no. 90 tahun 2021, diantaranya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai” Tambahnya.

YCAC 2022 terselenggara karena dukungan dari Henkel Indonesia, dimana Presiden Direktur Henkel Indonesia, Alejandro Schoenhoff hadir pada hari Jumat, 19 Agustus 2022 untuk melakukan penanaman mangrove dan clean up di sepanjang pesisir Pulau Pramuka. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa program YCAC ini sejalan dengan program keberlanjutan yang dimiliki oleh Henkel. “Kami sangat mendukung penuh program YCAC 2022 ini untuk mengedukasi anak muda dalam mengatasi krisis iklim. Hal ini juga sejalan dengan Henkel Sustainability Program yang kami miliki”

Kegiatan YCAC tidak berhenti sampai di camp saja, tetapi peserta diharapkan mampu mengimplementasikan aksinya ketika kembali ke daerah masing-masing. “Setelah kegiatan YCAC, para peserta diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang telah didapat untuk menjadi problem solver masalah lingkungan terkait krisis iklim di daerahnya masing-masing” Jelas Adnindya Krisma, Project Leader YCAC.

Kegiatan YCAC di Pulau Pramuka yang berlangsung selama 4 hari 3 malam sangat seru dan menyenangkan. Menurut Wiwin, peserta asal NTT yang sedang kuliah di Universitas Udayana Bali, kegiatan YCAC sangat menarik dengan banyak insight dan keseruan yang luar biasa.

“Saya belajar bagaimana membentuk kepedulian yang responsif terhadap permasalahan yang ada di dalam masyarakat dengan menggunakan metode design thinking (emphatize, define, ideate dan prototype). Selain itu saya juga belajar untuk menjalankan aksi secara langsung di lapangan serta saya bertemu banyak pemuda hebat dari seluruh Indonesia dengan berbagai ide dan pemikiran yang luar bisa hebat.” Tambahnya antusias.

YCAC 2022 berhasil diselenggarakan dengan sukses oleh Teens Go Green Indonesia dan dukungan dari Henkel Indonesia serta para learning partner dan community partner yang mendukung acara. Semoga Langkah kecil ini bisa menjadi semangat positif dan optimisme untuk bumi yang lebih baik di masa mendatang.

(efen)