Advertisement Section
Header AD Image

Yayasan Internet Indonesia Gelar Pendidikan DIgital Gratis untuk Pelajar

Matras News – Yayasan Internet Indonesia dengan dukungan Pemerintah Kota Surakarta mengadakan kegiatan Rumah Teknologi Indonesia (RTI).

Kegiatan ini merupakan program pendidikan digital gratis bagi pelajar SMP, SMA, maupun SMK se-Surakarta yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Dengan nilai rata-rata 8 untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris.

Nantinya, para pelajar yang terpilih akan diberikan materi-materi seputar teknologi informasi. Seperti basic computer network, android programming, UI/UX design dan digital entreprenuer class dari pengajar yang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Masa pendidikannya akan dilaksanakan maksimal tiga bulan untuk satu kelompok pelajar terseleksi,” kata Chairman Yayasan Internet Indonesia, Jamalul Izza, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (1/6).

Kelas yang tersedia untuk program pendidikan tahun ini adalah kelas pemula dan lanjutan. Kelas pemula ini ditujukan bagi peserta SMP dan kelas lanjutan untuk siswa SMA atau SMK. Setiap kelas yang dilalui memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Pada kelas pemula, peserta akan dibekali dengan dasar-dasar coding untuk anak. Tujuannya mendorong serta meningkatkan kemampuan logika yang akan berdampak pada kemampuan berpikir siswa dalam aspek-aspek kehidupan.

“Sedangkan pada Kelas Lanjutan, peserta akan diberikan penerapan dasar aplikasi dan website sampai mampu membangun aplikasi dan website dengan baik dan benar,” jelas Jamalul.

Nantinya di akhir pendidikan akan dibuat acara booth camp. Ini bertujuan untuk melatih team work. “Selain itu, di setiap hari Jumat akan ada kelas kebangsaan dan entrepreneurship,” ungkap dia.

(her)