Advertisement Section
Bawaslu Kota Bekasi Ada 44 Sengketa Pileg dan Pilpres yang Dilaporkan

Bawaslu Kota Bekasi: Ada 44 Sengketa Pileg dan Pilpres yang Dilaporkan

Matras News, Bekasi – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi menegaskan ada 44 sengketa Pileg dan Pilpres yang saat ini ditangani pihaknya.

Komisioner Bidang Penindakan Bawaslu Kota Bekasi, Muhammad Sodikin menuturkan, sampai saat ini pihaknya sudah menangani sebanyak 44 laporan pelanggaran pada pelaksanaan pileg dan pilpres 2024 kemarin.

“Ada 44 laporan dugaan pelanggaran yang dilaporkan ke Bawaslu Kota Bekasi saat pelaksaan pileg maupun pilpresnya,” tegas Sodikin, Senin (1/7/2024), kepada Matras News.

Sambung Sodikin, dari kesemuanya itu, terdapat 22 laporan yang memenuhi unsur administrasi, materil maupun non materil untuk diperiksa dengan pemanggilan sejumlah pihak terkait dan hal tersebut juga sudah dilaporkan ke Bawaslu RI.

“Dari 44 laporan tersebut, ada 22 yang memenuhi unsur sebagai dugaan pelanggarannya dan sudah kami laporkan secara keseluruhan ke Bawaslu RI,” tambahnya.

Dijelaskannya pula, terkait hal tersebut, kami hanya memberikan rekomendasi terkait dugaan pelanggaran yang dilaporkan setelah semuanya diperiksa dan dicek kelengkapannya.

“Kami hanya memberikan rekomendasi dari dugaan atau pelanggaran yang ditemukan, karena kami tidak bisa memberikan sanksi,” pungkas Sodikin.