Advertisement Section
Header AD Image
Manfaatkan Teknologi Cloud dan AI untuk Bisnis

Manfaatkan Teknologi Cloud dan AI untuk Bisnis

Matras News – Lebih dari 2000 profesional dari berbagai industri berkumpul di Indonesia Cloud & Data Center Convention 2024. Acara ini membahas pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam memanfaatkan teknologi Cloud dan AI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Dalam era digital yang semakin berkembang, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) menjadi salah satu teknologi yang mampu mengubah lanskap bisnis secara signifikan, IDCloudHost, sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia.

Dalam Indonesia Cloud & Data Center Convention 2024 mengungkapkan kunci sukses dalam mengimplementasikan AI untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi bisnis.

Pada kesempatan tersebut Adam Darmanto, COO IDCloudHost, menyampaikan, “AI bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita mengintegrasikannya ke dalam proses bisnis yang ada.

Kunci sukses dalam implementasi AI terletak pada pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan bisnis dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Dengan strategi yang tepat, AI dapat memberikan nilai tambah yang signifikan dan membantu bisnis mencapai tujuan mereka dengan lebih efisien.”

Menurut Adam, ada beberapa langkah penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin sukses dalam mengimplementasikan AI, seperti memahami kebutuhan bisnis, dukungan infrastruktur, kolaborasi tim, kemampuan talenta, dan visi dari manajemen.

Pada kesempatan terpisah, Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost, menyatakan, “IDCloudHost mempersiapkan layanan cloud yang sensible untuk mendukung implementasi AI untuk bisnis.

Sangat cocok bagi perusahaan yang ingin mengadopsi AI ke dalam proses bisnisnya tanpa risiko investasi yang besar.”

IDCloudHost berkomitmen untuk mendukung perusahaan dalam perjalanan transformasi digital mereka dan dalam mengadopsi AI kedalam proses bisnis mereka melalui layanan cloud yang handal. 

AI memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia. Dengan strategi implementasi yang tepat dan pemilihan cloud provider dengan dukungan infrastruktur yang baik, perusahaan dapat mengimplementasikan AI untuk mencapai hasil maksimal sesuai kebutuhan perusahaan.

Industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) diperkirakan akan meningkat pesat dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut Next Move Strategy Consulting, nilai pasar AI diperkirakan akan meningkat drastis hingga mencapai 100 miliar dolar AS pada tahun 2030, hampir mencapai dua trillion dolar AS.

Pemasaran, rantai pasokan, pembuatan produk, penelitian, analisis, dan banyak lagi adalah beberapa industri yang menggunakan kecerdasan buatan dalam proses bisnis mereka.

Dalam beberapa tahun mendatang, beberapa trends utama yang akan mendorong kemajuan AI adalah chatbots, pengolahan gambar AI, dan aplikasi mobile.