Advertisement Section
Header AD Image

BSI Maslahat Resmikan Program Pesantren Sehat di Pandeglang Banten

Matras News, Banten – BSI Maslahat meresmikan Program Pesantren Sehat 2023 di Pandeglang, selama dua hari yaitu pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Assalam dan hari Ahad, 6 Agustus 2023 di Pondok Pesantren Al Hijrah.

Kegiatan yang dilakukan pada Program Pesantren Sehat untuk daerah Pandeglang ini antara lain penyelenggaraan kegiatan pemberian makan sehat, layanan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, serta edukasi kesehatan pada aspek: kesehatan reproduksi, bahaya narkoba, dan makanan sehat bagi para santri pondok pesantren.

Rangkaian kegiatan ini diformulasikan secara lengkap untuk santri-santri pondok pesantren kategori dhuafa.  Selain itu BSI dan BSI Maslahat juga memberikan souvenir berjumlah 200 paket serta alat-alat kebersihan kamar mandi untuk 2 pondok pesantren tersebut.

Dalam program ini para santri diberikan makanan sehat selama dua pekan dengan menu sehat yang dirancang sesuai Angka Kecukupan Gizi oleh tim kesehatan BSI Maslahat. Aktivitas lain dalam program ini adalah pemberian suplemen zat besi (Fe) bagi santri usia remaja, mengacu pada program Nasional yang dicanangkan oleh KEMENKES.

Terkait hal ini, BSI Maslahat melalui tim kesehatannya berkomitmen mendukung program pemerintah tersebut dengan memberikan suplemen Fe bagi  remaja di sekolah dan pondok pesantren. Pada tahun 2023 ini target yang disasar adalah 700 orang santri di pondok pesantren yang tersebara di beberapa titik di wilayah Jawa Barat.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya program Pesantren Sehat ini para santri dapat menjadi semakin sehat tubuhnya dan lebih faham tentang bahan pangan local yang sehat”, kata Dedi Setiawan selaku Manager Care Group.

“Pengaturan menu sampai penyajian makanan diolah oleh bagian dapur pesantren, dengan setiap menu yang akan disajikan wajib dikoordinasikan dan dilaporkan kepada tim kesehatan BSI Maslahat”, kata Irma sebagai PIC Program Pesantren Sehat.

Penerima manfaat dari Program Pesantren Sehat adalah para santri yang masuk dalam kategori dhuafa. Penyelenggaraan Program Pesantren Sehat Pandeglang dilaksanakan di Pesantren Assalam, Kp. Kamungkus, Desa Ganggaeng, Pandeglang dan Pesantren Madinah Al Hijrah di wilayah Kp. Halimun Desa Cimanuk Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang.

Hadir dalam acara ini Tim BSI Maslahat, pengurus pesantren, tokoh masyarakat, konselor kesehatan reproduksi, konselor gizi dari PERSAGI DPC Serang dan Pandeglang, perwakilan konselor dari  BNN, dan tim kesehatan dokter umum dan dokter gigi dari tim BSI Masalahat.

Pada kesempatan yang terpisah, Direktur Care Program BSI Maslahat, Ilham Syahputra, menyampaikan pada tahun 2023 Program Pesantren Sehat akan digelar di tujuh pesantren seluruh Indonesia.

Santri dan pengurus pesantren menyambut Program Pesantren Sehat yang diselenggarakan oleh BSI Maslahat dengan senang hati.
Dalam sambutannya, pengurus pesantren mengucapkan terima kasih atas terlaksananya Program Pesantren Sehat, dan berharap program ini akan dapat berkelanjutan.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.
Tentang BSI Maslahat

Didirikan pada tanggal 21 November 2001 dengan nama Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) lalu secara resmi berganti logo dan nama pada tahun 2022 menjadi Yayasan Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) sebagai upaya memperkuat kemitraan dengan mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat,lnfaq,Sedekah dan Wakaf) serta donasi sosial dan CSR dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan.
 
Dalam aktifitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat derajat kehidupan yang lebih baik lagi.

Di bidang pendidikan, BSI Maslahat mempunyai pilar Didik Umat dengan program unggulan yaitu BSI Sociopreneur; BSI Scholarship, Sahabat Pelajar BSI Maslahat. BSI Maslahat juga mempunyai pilar Mitra Umat yang memiliki program unggulan diantaranya Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) dan berbagi program lainnya, seperti Warteg Mobile. Sedangkan untuk pilar Simpati Umat, BSI Maslahat mempunyai program terkait dengan kebencanaan dan pelayanan kesehatan, yaitu BSI Maslahat Care. (*)