Advertisement Section

Perhutani Kerjasama dengan UNS Dukung Merdeka Belajar

Matrasnews.com – Perhutani melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara daring dengan Universitas Sebelas Maret ( UNS )  mengenai Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Jumat (30/07).

Penandatangan MoU dilakukan oleh Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro dan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Jamal Wiwoho dan disaksikan oleh Direktur SDM Umum dan IT Perhutani M. Denny Ermansyah, Sekretaris Perusahaan Asep Dedi Mulyadi, serta jajaran rektor dan dekan Universitas Sebelas Maret.

Baca Juga : YES Goes to Campuss Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Direktur Utama Perhutani  Wahyu Kuncoro menjelaskan bahwa Perum Perhutani sebagai Mitra UNS berkomitmen untuk mendukung pendidikan khususnya bagi mahasiswa Perguruan Tinggi untuk dapat mengembangkan potensi dan kompetensinya.

“Kita semua tentu berharap kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik dan melahirkan generasi-generasi yang cakap, terampil sesuai dengan minat bakatnya serta siap terjun ke dunia kerja,” tambah Wahyu.
Menurutnya UNS bisa menjadi mitra Perhutani dalam mengelola hutan di sekitar kawasan Gunung Bromo yang mempunyai luas sekitar 126,291 ha dan terletak di KPH Surakarta di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga : Webinar Project Implementation Unit Universitas Gajah Mada

 “Terkait dengan kerjasama tersebut Perhutani siap membantu UNS dalam mengelola dan mengembangkan hutan lestrai dengan memanfaatkan unit khusus PeFi di Madiun dan Cepu sebagai research & development,” tutup Wahyu.

Sementara itu Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan kerjasama  ini tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyelenggaraan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang memiliki ruang lingkup pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat selama jangka waktu 2 (dua) tahun kedepan dengan mensinergikan  dan mengoptimalkan potensi serta sumber daya kedua belah pihak dalam pengembangan kelembagaan.

“Sesuai dengan ketetapan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk pengelolaan dan pengembangan hutan kawasan Gunung Bromo, UNS siap bekerjasama dengan Perum Perhutani untuk menjaga kelestarian hutan bersama masyarakat sekitar kawasan tersebut” ujanya.

(*) Matrasnews.com / Kn