Advertisement Section
Header AD Image

Museum Tembakau Jember, Kembangkan Destinasi Agro Wisata Petik Daun Tembakau

Matras News, Jember – Museum Tembakau Jember, Bukan hanya sekedar museum saja tetapi juga memiliki berbagai edukasi, mulai dari beragam daun tembakau, jenis tembakau,

Museum Tembakau berada di pusat kota Jember persis, yakni di Jalan Kalimantan Nomor 1 Kecamatan Sumbersari. 

Museum ini bersebelahan dengan kantor Pengadilan Negeri Jember, berjarak sekitar 500 meter dari Universitas Jember. 

Dengan Mengembangkan Destinasi Agro Wisata Petik Daun Tembakau ini, selain memberi edukasi kepada wisatawan juga meningkatkan ekonomi bagi para petani tembakau.

Sunito selaku pemandu museum Tembakau menjelaskan, “asal usul museum ini berdiri berawal dari Kepala UPT Perempuan dari Bali sebagai penggagas, dan juga pertemuan para maestro pengusaha tembakau di Jember yang melihat bagaimana cara menanam, perawatan, memetiknya yang menarik berbeda dari tempat lainnya.

“Meseum tembakau dan perpustakaan secara tidak langsung mengangkat kearifan lokal serta meningkatkan ekonomi para petani tembakau, Jelas Sunito pada ,Rabu, (23/11/22).

Jika berkunjung ke Jember Museum Tembakau dan Perpustakaan bisa dijadikan rekomendasi Destinasi Agro Wisata Petik Daun Tembakau.

Seperti diketahui, asal muasal awal tembakau pertama kali ditemukan sejak tahun 1492 di Amerika tengah dan Amerika Selatan, Oleh suku Indian, masyarakat Maya.

Pada masa peradaban masyarakat Maya tempo dulu, daun tembakau dinobatkan sebagai daun suci, dan di pergunakan untuk acara ritual dengan cara mengasap.

(Liputan Langsung)